Begini Cara Bikin Chromebook Jadi Lebih Aman

Chromebook atau laptop ringan yang menggunakan sistem operasi Google Chrome OS saat ini popularitasnya kian naik. Salah satu faktor yang membuat orang memilih Chromebook adalah praktis, mudah digunakan, dan cocok bagi pengguna yang sering menggunakan layanan dari Google. Sektor keamanan menjai salah satu daya tarik dari Chromebook karena sistem operasi Chrome OS yang berbasis cloud tersebut dikenal aman.

Meski diklaim lebih aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar data dan privasi Chromebook ini kian aman. Berikut ini beberapa tips dan trik ringan yang membuat Chromebook menjadi jauh lebih aman.

Aktifkan 2 Step Verification

Akun Google bisa dikatakan sebagai ‘nyawa’ dari Chromebook, mengapa? Karena sistem operasi Chrome OS dan layanan Google di dalamnya menggunakan akun Google sebagai kunci untuk menggunakannya. Maka diperlukan pengamanan ekstra untuk akun Google ini. Salah satu cara ampuh adalah mengaktifkan Google 2FA atau 2 step verification untuk akun Google.

Cara kerja fitur 2 step verification adalah mengirimkan kode unik untuk dapat login di akun Google ke perangkat yang digunakan. Sehingga ketika pengguna melakukan login menggunakan akun Google, tak hanya membutuhkan password, tetapi juga membutuhkan verivikasi kedua berupa kode yang dikirimkan pada perangkat yang digunakan.

Baca Juga :  Acer Indonesia Siapkan Empat Produk Chromebook untuk Program Laptop Merah Putih

Hal ini berguna jika peretas ingin mengambil alih akun Google, tak akan mempan jika hanya mengetahui password-nya saja tanpa kode unik yang berfingsi sebagai pengaman lapis kedua. Fitur ini juga berlaku saat pengguna login menggunakan akun Google di smartphone Android baru.

Update Chrome OS

Google selalu memberikan update untuk sistem operasi Chrome OS di Chromebook secara reguler. Update ini biasanya membawa peningkatan performa, perbaikan bug, dan juga security patch untuk menambal lubang keamanan yang telah diketahui. Oleh sebab itu, pengguna Chromebook sebaiknya rajin melakukan update Chrome OS untuk mendapatkan dukungan keamanan yang maksimal.

Biasanya ketika Chromebook tersedia update terbaru, maka akan muncul pesan pop-up yang memberikan informasi ke pengguna mengenai ketersediaan update. Lakukan update dengan mengklik pesan tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang tersedia. Setelah itu, lakukan restart Chromebook untuk mengaplikasikan update.

Baca Juga :  Ini Cara Mudah Mengenkripsi Data di Windows 10

Aktifkan Fitur Guest Mode

Jika Chromebook yang Anda gunakan sering dipinjam teman atau kolega, sebaiknya aktifkan fitur Guest Mode. Hal ini berguna agar rekan atau kolega yang juga menggunakan Chromebook tersebut tidak bersentuhan dengan akun Google yang Anda gunakan. Hal ini bermanfaat untuk menjaga data dan privasi pengguna, juga mencegah orang lain mengutak-atik setting Chromebook.

Guest Mode memang memiliki batasan tertentu guna menjaga keamanan akun pengguna. Anda dapat mengaktifkan mode ini melalui Settings > People > Manage other people > Enable guest browsing.

Aktifkan Sleep Locking

Terkadang kita ingin istirahat sejenak dan menutup Chromebook untuk sementara waktu. Kemudian Chromebook pun dalam kondisi sleep. Ketika ada orang lain membuka Chromebook yang ada dalam modus sleep, maka dapat berpotensi mengancam keamanan dan privasi. Solusinya adalah mengatifkan Sleep Locking agar jika ada orang lain mengaktifkan Chromebook dalam mode sleep, tidak dapat langsung digunakan, melainkan harus login dengan PIN terlebih dahulu.