Tips dan Trik Rahasia di Windows 10 yang Bakal Menghemat Waktumu

Tak bisa dipungkiri bahwa Windows 10 adalah sistem operasi paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Sistem operasi besutan Microsoft ini menawarkan pengalaman pengguna dan fitur yang modern, serta jauh berbeda jika dibandingkan dengan Windows generasi sebelumnya.

Belum banyak orang yang tahu bahwa sistem operasi Windows 10 ini menyimpan banyak trik rahasia yang sebenarnya dapat menghemat waktu Anda. Berikut ini beberapa tips dan trik rahasia Windows 10 yang berhasil penulis kumpulkan dari berbagai sumber.

Menampilkan Tombol Desktop

Tombol Desktop adalah cara paling cepat untuk me-minimize aplikasi atau Window yang sedang dibuka dengan cepat. Anda cukup klik tombol tersembunyi sudut kanan bawah taskbar. Klik sekali untuk mem-minimize semua Window dan klik sekali lagi untuk mengembalikannya lagi.

Ada cara lain agar Anda tidak perlu mengklik tombol Desktop ini, tetapi cukup dengan mengarahkan kursor ke tombol tersebut, yakni dengan cara buka Settings > Personalization > Taskbar dan aktifkan opsi Use peek to preview the desktop.

Baca Juga :  Jangan Lakukan Hal Ini Agar Laptop Dell Tetap Awet

Tingkatkan Kemampuan Windows Search

Sering menggunakan fasilitas Windows Search untuk mencari file atau folder? Anda dapat meningkatkan performa pencarian Windows Search sekaligus mengurangi konsumsi resource CPU dengan mengubah cara kerjanya ke mode Classic. Mode Classic ini bekerja dengan cara membatasi ruang pencarian pada libraries dan desktop pengguna saja, tidak meliputi file sistem yang lebih luas.

Cara mengaktifkan mode Classic di Windows Search adalah buka Settings > Search > Searching Windows, kemudian pilih Classic. Performa pencarian akan lebih cepat dan lebih efisien.

Minimize Window dengan Cepat

Saat ingin fokus bekerja pada satu apikasi, Anda dapat me-minimize Window lainnya dengan cepat dengan cara mengguncang Window yang sedang Anda gunakan. Caranya adalah klik tahan pada Window yang akan digunakan bekerja, guncangkan dari atas ke bawah, maka Window lain akan otomatis di-minimize. Lakukan guncangan tersebut sekali lagi untuk mengembalikan seperti semula. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak Windows 7.

Baca Juga :  Microsoft Ungkap Rahasia Mengapa Windows 11 Jauh Lebih Kencang dari Windows 10

Start Menu Rahasia

Seperti yang kita ketahui, Windows 10 memiliki Start Menu yang unik dengan menggabungklan Start Menu bergaya klasik dengan gaya Tile. Bagi Anda yang menginginkan Start Menu bergaya klasik yang lebih sederhana, dapat diakses dengan cara klk kanan pada Start Menu dan akan muncul tampilan shortcut yang lengkap seperti Apps and Features, Mobility Center, Run, Searchg, dan banyak lagi.

Menggunakan Fitur Nearby Sharing

Pengguna Windows 10 dapat membagikan file secara langsung dengan perangkat terdekat dengan menggunakan Nearby Sharing. Fitur Nearby Sharing ini sebenarnya memiliki cara kerja mirip Apple AirDrop. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah dengan cara klik Share pada dokumen atau foto, kemudian klik Turn On Nearby Sharing.