Tips Agar Laptop Tetap Aman

Laptop saat ini adalah salah satu perangkat esensial dalam bekerja dan memiliki kemampuan sebagaimana sebuah PC desktop. Data-data penting perusahaan yang mungkin bersifat rahasia pada laptop kantor ata data-data pribadi yang tersimpan di dalamnya membutuhkan perlindungan yang memadai agar tetap aman.

Data rahasia kantor atau data pribadi dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab jika tidak dilindungi dengan baik. Berikut ini beberapa tips sepele namun penting untuk mengamankan laptop beserta data yang tersimpan di dalamnya

Menggunakan Password atau Pengaman Biometrik saat Login

Keamanan saat login menjadi hal yang paling penting untuk mencegah orang lain mengakses data yang tersimpan dalam laptop tanpa izin. Gunakan password saat login agar data dan laptop lebih aman. Sebaiknya menggunakan kombinasi password yang susah ditebak, seerti menggunakan angka, huruf kapital, dan karakter khusus.

Pada laptop kelas menengah ke atas atau laptop kelas bisnis, biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan berbasis biometrik seperti sensor sidik jari atau kamera IR yang memiliki kemampuan pengenalan wajah yang telah didukung Windows Hello. Aktifkan keamanan jenis ini agar sulit ditembus oleh orang lain dan juga memudahkan pengguna untuk login, karena tidak perlu mengetikkan password.

Baca Juga :  Begini Cara Bikin Chromebook Jadi Lebih Aman

Backup dan Enkripsi Data

Kehilangan data tak hanya disebabkan oleh serangan penyusup atau virus dan malware, tetapi juga kerusakan media penyimpanan. Oleh sebab itu, backup data adalah hal yang wajib dilakukan agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, masih memiliki cadangan. Lakukan bacup data menggunakan media penyimpanan eksternal atau cloud, serta lakukan update data secara berkala.

Selain melakukan backup, pengguna juga dapat menggunakan fitur enkripsi data agar tidak mudah diakses oleh orang lain atau penyusup tanpa izin. Bagi pengguna sistem operasi Windows, telah tersedia fitur bawaan Device Encryption sejak Windows 8.1 dirilis. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini jika telah menggunakan Micorosoft Account sebagai user di laptop atau PC yang ia gunakan.

Baca Juga :  Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Desainer Grafis untuk Memilih Laptop Terbaik

Lakukan Update System dan Software

Hal yang tak kalah penting dilakukan adalah melakukan update sistem operasi dan software yang sering digunakan. Biasanya update seperti ini membawa perbaikan, peningkatan performa, dan juga menutup lubang celah keamanan. Sistem operasi Windows misalnya, selalu mendapat update keamanan secara reguler dan juga update darurat untuk menutup celah keamanan yang terdeteksi. Begitu juga deangan aplikasi Office, browser, dan sebagainya juga mendapatkan update secara regular.

Tutup Webcam dan Microphone Jika Tidak Digunakan

Tips keamanan yang perlu dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan adalah menutup webcam dan microphone. Hal ini berguna untuk mencegah serangan RAT (Remote Administration Tool) yang biasanya digunakan penyusup untuk memata-matai pengguna melalui webcam dan microphone. Beberapa laptop kelas bisnis dan premium bahkan telah dilengkapi fitur privacy shutter untuk menutup akses webcam.