Mengenal Keunggulan Layar Asus OLED

Belum lama Asus Indonesia telah memperkenalkan teknologi layar yang disebut dengan Asus OLED. Pada dasarnya, Asus OLED menggunakan panel OLED (Organic Light Emiting Diode) yang sewbenarnya bukan teknologi baru. Layar OLED sudah banyak digunakan di perangkat seperti tablet, smartphone, dan akhir-akhir ini disematkan pada laptop kelas premium.

Meski bukan teknologi baru, kehadiran Asus OLED ini menjadi sebuah gebrakan di pasar laptop yang selama ini mayoritas masih menggunakan layar berteknologi TN (Twisted Newmatic) untuk kelas entry-level dan menengah, serta layar IPS (In-Plane Switching) untuk laptop kelas atas. Sedangkan OLED biasanya digunakan di laptop kelas premium. Uniknya, Asus berani menyematkan layar Asus OLED di laptop Vivobook Ultra 15 OLED K513 yang harganya muylai Rp 8 jutaan saja.

“Inovasi ASUS tidak hanya sebatas pada performa saja dan ASUS OLED adalah bukti komitmen kami pada inovasi teknologi visual pada layar laptop,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Baca Juga :  Asus Expertbook B3 Flip, Laptop Hybrid Powerful untuk Bisnis

Warna Akurat

Lalu apa saja kelebihan yang ditawarkan layar Asus OLED? Panel OLED yang digunakan pada Asus OLED mampu menghasilkan warna yang lebih akurat dan colorful dibandingkan layar jenis IPS atau TN. Hal ini tak lepas dari layar Asus OLED yang mampu memroduksi warna hingga 100% DCI-P3 color gamut atau setara dengan 133 sRGB color gamut. Akurasi warnanya pun dijamin oleh sertifikat Pantone Validated yang diusungnya.

Tetap Jernih di Tingkat Kecerahan Rendah

Salah satu keunggulan layar OLED adalah tetap menawarkan warna yang colorful dan jernih meski pada tingkat kecerahan atau brightness rendah. Teknologi layar lain biasanya mengalami penurunan kejernihan dan saturasi warna ketika menggunakan brightnes rendah. Hal ini membuat Asus OLED tetap ideal digunakan bekerja dengan kecerahan rendah sekalipun.

Tajam dan Detail

Salah satu kelebihan layar OLED yang digunakan oleh Asus ini adalah menawarkan ketajaman yang lebih tinggi jika dibandingkanm teknologi TN maupun IPS. Teknologi panel OLED pada layar Asus OLED mampu menghasilkan rasio kontras mencapai 1.000.000:1. Selain itu, saat menampilkan warna hitam, LED akan otomatis mati pada Asus OLED, sehingga warna hitam yang dihasilkan sangat pekat.

Baca Juga :  Asus ROG Flow Z13, Tablet Gaming Unik Resmi Hadir di Indonesia

Lebih Nyaman di Mata

Salah satu keunggulan teknologi layar Asus OLED adalah lebih nyaman di mata karena dipadukan dengan fitur Eye Care. Fitur ini secara signifikan mengurangi 70% pancaran sinar biru yang merusak dan membuat mata cepat lelah. Tak hanya itu, layar Asus OLED telah sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Responsif dan Bebas Blur

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh layar Asus OLED adalah menawarkan tampilan yang responsif dan bebas efek blur saat menampilkan animasi dengan frame rate cepat. Hal ini tak lepas dari response time yang sangat responsif di kelasnya, yakni 0,2ms saja.