Mengenal Fitur Discrete Graphics Mode di Laptop Gaming MSI GP66 Leopard

Micro Star International atau yang lebih dikenal sebagai MSI telah resmi meluncurkan laptop gaming seri GP66 leopard generasi terbaru di Indonesia beberapa waktu lalu. Sekilas, spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop MSI GP66 Leopard ini tak jauh berbeda dengan laptop gaming lain di kelasnya. Namun, MSI GP66 Leopard telah dilengkapi dengan fitur canggih yang disebut dengan  Discrete Graphics Mode.

Melalui press release yang penulis terima, fitur Discrete Graphics Mode mampu memberikan efisiensi dan performa  ketika bermain game melalui peningkatan performa dari kartu grafis itu sendiri. Lalu seperti apa sebenarnya cara kerja fitur Discrete Graphics Mode di laptop MSI GP66 Leopard?

“Kami selalu berusaha menyematkan teknologi mutakhir yang dikemas dengan fitur-fitur inovatif pada setiap laptop yang diluncurkan. Tekad dan orientasi yang besar dalam menghadirkan pengalaman bermain terbaik bagi para gamer memotivasi kami untuk terus membawa teknologi tercanggih kelas dunia ke Indonesia. Salah satunya adalah laptop andalan kami, GP66 Leopard, yang ampuh untuk para gamer lewat berbagai teknologi eksklusif yang dimilikinya,” papar Tanya Fang, MSI Indonesia NB Sales & Marketing Director.

Baca Juga :  Tips Merawat Laptop Dell Gaming Series Agar Tetap Prima

Laptop gaming MSI generasi terbaru, termasuk seri GP66 Leopard me yediakan dua buajh mode grafik yang dapat diakses melalui aplikasi ekslusif MSI Center. Kedua mode tersebut adalah Discrete Graphics Mode dan MSHybrid Graphics Mode.

Mode MSHybrid Graphics Mode memanfaatkan fitur Nvidia Optimus yang memungkinkan sistem untuk memilih GPU yang digunakan berdasarkan beban kerja pengguna. Jika beban kerja ringan, maka akan menggunakan GPU onboard. Namun jika beban kerja berat seperti gaming, maka GPU Nvidia akan diaktifkan.

Sedangkan Discrete Graphics Mode ini memiliki cara kerja yang berbeda, yakni hanya mengaktifkan GPU diskrit saja. Ketika pengguna mengaktifkan fitur Discrete Graphics Mode, maka hanya GPU diskirt Nvidia GeForce saja yang aktif untuk menangani aneka tugas seperti bermain game, kreasi konten, dan sebagainya. Hal ini membuat game dan aplikasi berjalan lebih mulus.

Baca Juga :  Mengenal Spesifikasi Layar Laptop, Mana yang Terbaik?

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, Discrete Graphics Mode ini memiliki dua keuntungan. Keuntungan pertama adalah adanya peningkatan performa grafis yang dibuktikan dengan peningkatan skor benchmark di aplikasi seperti 3DMark. Keuntungan kedua adalah dapat mengatasi masalah kompatibilitas dengan aplikasi yang memang belum mendukung mode hybrid Nvidia Optimus.

Guna menghadirkan Discrete Graphics Mode, MSI telah menempatkan MUX switch di mainboard laptop untuk memudahkan pengalihan ke GPU diskrit. Selain itu, MSI juga telah menambahkan kode pemograman pada firmware guna memudahkan pengintegrasian switching dari MSHybrid Graphics ke Discrete Graphics Mode di perangkat lunak MSI Center.