Ini Tips Sederhana Agar Lebih Produktif dengan PC dan Laptop Windows

Bekerja produktif di depan PC atau laptop di era digital seperti saat ini merupakan tantangan tersendiri. Sebuah PC atau laptop dengan performa yang tinggi dan fasilitas lengkap tidak menjamin penggunanya akan lebih produktif. Ada saja hal yang muncul dan memecah konsesntrasi seperti bunyi telepon, munculnya notifikasi, dan sebagainya. Hal sepele semacam ini ternyata dapat menganggu produktivitas.

Sebenarnya ada beberapa tips bekerja di depan PC desktop atau laptop agar lebih produktif, salah satunya adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman dan lingkungan sekitar yang tenang. Jika dirasa tidak cukup membuat Anda bekerja dengan fokus dan produktif, mungkin dapat melakukan beberapa tips sederhana berikut ini:

Keyboard yang Nyaman

Keyboard yang nyaman adalah salah satu kunci pengguna agar dapat lebih produktif. Komponen keyboard ini seringkali diremehkan dan orang lebih fokus pada komponen lain yang berkaitan dengan performa, seperti prosesor dan GPU. Padahal dengan keyboard yang nyaman, pengguna dapat bekerja lebih nyaman dan akhirnya akan lebih produktif.

Seperti apa sebenarnya keyboard yang nyaman? Biasanya keyboard yang menawarkan key travel yang pas dan tidak terlalu berisik saat digunakan untuk mengetik. Selain itu, beberapa produsen keyoboard telah mengembangkan desain yang sesuai dengan kontur atau lekukan jari guna meningkatkan kenyamanan. Selain itu, keyboard yang nyaman tidak akan membuat pengunanya lekas lelah atau gampang salah ketik.

Baca Juga :  Tips Memperpanjang Umur SSD

Blokir Gangguan

Saat sedang fokus bekerja, kemudian muncul notifikasi sosial media atau notifikasi lain di PC atau laptop Windows. Hal ini membuat fokus terpecah dan dan ide yang sedang disiapkan di kepala mendadak buyar. Sumber gangguan atau distraksi fokus semacam ini sebaiknya diblokir ketika Anda sedang menangani pekerjaan penting yang membutuhkan fokus penuh. Bagaimana caranya?

Windows 11 memiliki fitur sejenis Do Not Disturb pada smartphone Android, yakni Focus Assist. Fitur ini memungkinkan sistem memblokir notifikasi atau informasi yang tidak pentinga agar fokus pengguna tidak terganggu. Cara mengaktifkan fitur Focus Assist ini cukup klik Start Menu kemudian Sistem dan pilih Focus Assist.

Dalam menu Focus Assist ini terdapat beberapa parameter seperti pengaturan jadwal mengenai kapan fitur ini aktif atau berakhir secara otomatis. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Focus Assist secara manual. Uniknya, Focus Assist ini memiliki fitur istirahat otomatis selama beberapa menist setiap 45 menit mode Focus Assist berjalan.

Baca Juga :  Laptop Mengalami Overheating? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasinya

Manfaatkan Fitur

Bagi Anda yang sering bekerja multitasking dan membuka banyak window sekaligus, dapat m=emanfaatkan fitur multiple desktop yang ada di sistem operasi Windows. Fitur Multiple Deskop di Windows 11 akan memudahkan penggunas melakukan multitasking. Pengguna dapat membuat desktop virtual melalui ikon virtual desktop atau shortcut Win + Tab.

Ini akan memudahkan pengguna mengorganisasi window yang dibuka dan berpindah dengan cepat. Pengguna juga dapat melihat semua window dan desktop yang tersedia dengan cara hover ke ikon virtual desktop, seperti Mission Control di Apple Mac OS.

Pin Aplikasi yang sering Digunakan di Taskbar

Tips sederhana lainnya yang akan meningkatkan produktivitas adalah memasang aplikasi yang sering digunakan di taskbar. Hal ini akan menghjemat waktu dan memudahkan pengguna mengakses aplikasi yang sering digunakannya. Bayangkan saja jika jika Anda harus membuka Start menu terlebih dahulu dan mencari aplikasi yang sering digunakan, tentu akan buang-buang waktu.