Ini Tips dan Trik Terbaik Windows 11 untuk Tingkatkan Produktivitas

Microsoft secara resmi telah meluncurkan sistem operasi Windows 11 terbaru. Pengguna Windows 10 akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis melalui fasilitas Windows Update. Tak bisa dipungkiri, Windows 11 ini menawarkan perubahan signifikan pada sektor tampilan antarmuka maupun fiturnya.

Berikut ini beberapa tips dan trik ringan untuk pengguna Windows 11 yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Mengembalikan Posisi Start Menu

Pengguna Windows 10 yang baru saja upgrade ke Windows 11 pasti kaget dengan perubahan posos Start Menu yang biasanya ada di sudut kiri bawah, kini berpindah ke tengah ala Apple Mac OS. Tentunya pengguna dapat beradaptasi dengan perubahan ini. Akan tetapi jika ingin kembali seperti semula, dapat dilakukan.

Cara mengembalikan posisi Start Menu di Windows 11 adalah dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih Taskbar Settings. Kemudian pilih Taskbar behaviors drop-down dan pilih Taskbar Alignment to Left. Start menu telah pindah ke sebelah kiri seperti di Windows generasi sebelumnya.

Manfaatkan Multiple Desktop

Sebenarnya multiple desktop ini bukan fitur yang benar-benar baru karena sudah tersedia di Windows 10. Fitur ini sangat memudahkan pengguna yang bekerja secara multitasking yang melibatkan banyak Window. Jika hanya menggunakan satu desktop saja, maka pengguna akan kesulitan berpindah window satu ke window yang lain. Dengan menggunakan multiple desktop pengguna dapat mengelompokkan window sesuai kategori tertentui di desktop virtual atau multiple desktop.

Baca Juga :  Laptop Mengalami Overheating? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasinya

Fitur multiple desktop di Windows 11 ini telah diperbarui menjadi lebih mudah dan makin nyamanb digunakan. Pengguna cukup menekan shortcut Win + Tab untuk membuat desktop virtual baru. Selain itu, Windows 11 menyediakan ikon khusus untuk mengakses virtual desktop dengan cara hover atau klik di ikon tersebut, maka desktop dan window akan tampil semuanya dan memudahkan pengguna mengaksesnya. Ini mirip Mission Control di Apple Mac OS.

Fitur Snap Layouts untuk Multitasking

Microsoft sebenarnya sudah memiliki fitur serupa dengan Snap Layouts sejak Windows 7, tetapi di Winodws 11 ini menjadi lebih powerful dan mudah digunakan. Pengguna dapat menarik dan melepas window ke tempatnya. Akan tetapi di Windows 11, pengguna juga dapat mengarahkan kursor ke tombol Maximize pada aplikasi yang didukung untuk melihat menu opsi tata letak sesuai dengan kebutuhan, sehingga cocok bagi yang sering multitasking dengan membuka banyak window.

Baca Juga :  8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Microsoft Teams

Sejak terjadinya pandemi, meeting online menjadi solusi agar dapat terus bekerja tanpa harus membuat kerumunan. Di Windows 11, pengguna tak perlu repot menginstal aplikasi buatan pihak ketiga karena di dalamnya sudah terinstal aplikasi Microsoft Teams yang tak kalah powerful dari Zoom atau Google Meet untuk meeting online.

Aktifkan Focus Session agar Kerja Lebih Fokus

Munculnya notifikasi dan pesan yang masuk memang kadang memecah konsentrasi saat bekerja. Guna mengatasi hal tersebut, Microsoft menghadirkan fitur Focus Session yang menunda notifikasi yang muncul selama 45 menit ke depan agar pengguna dapat bebas bekerja tanpa distraksi.

Cara mengaktifkan Focus Session adalah buka aplikasi Timer, Alarm, Stopwatch, and World Clock, kemudian pilih Focus Session dan kemudian pilih Get Started. Atur berapa menit yang dibutuhkan untuk bekerja dengan fokus. Jika kurang dari 45 menit, maka fitur ini tidak memberikan waktu istirahat. Sebaliknya, jika watu fokus di set lebih dari 45 menit maka secara otomatis akan ada waktu untuk istirahat selama 5 menit.