Dell Color Profiles, Bikin Konten Multimedia Jadi Lebih Hidup

Bagi pengguna yang sering menikmati konten multimedia seperti movie, drama korea, streaming YouTube atau sekadar melihat slide foto tentu menginginkan pegalaman yang maksimal. Namun, beberapa laptop biasanya dibekali layar yang dioptimalkan untuk bekerja yang didesain agar mata tak cepat lelah. Hal ini kadang membuat performa layarnya kurang optimal untuk memainkan konten multimedia.

Beberapa vendor laptop atau PC telah mengembangkan teknologi untuk mengoptimalkan kemampuan layar yang dimilikinya, yakni Asus dengan teknologi Splendid atau Dell dengan fitur Dell Color Profiles. Berdasarkan informasi yang penulis himpun, fitur Dell Color Profiles ini tersedia di lini laptop Dell seperti Inspiron, Vostro, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara kerja fitur Dell Color Profiles sehingga dapat konten multmedia terasa lebih hidup?

Berdasarkan informasi yang telah penulis himpun, Dell Color Profiles ini bekerja dengan cara meningkatkan warna layar, kontras, dan titik putih untuk menghadirkan representasi warna yang lebih kaya dan lebih detail. Ini secara dramatis dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten multimedia atau penggunaan secara keseluruhan pada layar PC. Tak heran, gambar yang dihasilkan monitor dengan fitur DCP ini terlihat lebih memanjakan mata ketimbang tanpa fitur tersebut.

Baca Juga :  Keunggulan Dell Vostro 3681 SFF untuk Ruang Kantor Sempit

Sayangnya, Dell Color Profiles ini belum memiliki kapabilitas seperti AI (Artificial Intelligence) untuk mendeteksi konten jenis apa yang sedang dioperasikan pengguna. Meski demikian, Dell Color Profiles memberikan empat profil atau preset yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan. Berikut 4 profil yang tersedia di Dell Color Profiles.

Movie

Salah satu preset di Dell Color Profiles adalah Movie yang memang dirancang khussu untuk menngkatkan pengalaman pengguna saat menikmati movie, film dan juga konten video lainnya. Preset Movie ini adalah profil yang paling sering digunakan pengguna di Dell Color Profiles. Mode ini menawarkan karakter warna yang lebih warm, serta meningkatkan kontras hingga pada tingkat tertentu guna memberikan kualitas gambar yang lebih baik saat menimati konten video.

Evening

Preset kedua yang ada di Dell Color Profiles adalah Evening. Sama seperti profile Movie di atas, preset Evening ini juga dioptimalkan untuk menikmati konten video atau movie, tetapi dalam kondisi low-light. Mode ini menawarkan perubashan pada white balance dan brightness agar nyaman di mata, tetapi tetap mempertahankan detail dan bayangan di video.

Baca Juga :  Mengenal Dell Mobile Connect, Sambungkan Smartphone dengan Mudah ke Laptop

Animation

Preset yang tersedia di Dell Color Profiles lainnya adalah Animation yang dikembangkan khusus untuk menikmati konten berbasis animasi, seperti film kartun, anime, dan CGI. Profil ini memberikan peningkatan saturasi warna dalam tingkat tertentu untuk memberikan efek hidup pada film animasi yang sedang diputar.

Sports

Terakhir adalah preset Sports yang dikembangkan untuk mengoptimalkan tayangan olahraga. Preset ini dirancang untuk menangani pencahayaan yang komplek dengan beralihnya kamera dengan cepat yang biasanya terdapat pada tayangan olahraga secara live. Mode ini juga meningkat saturasi warna dan tekstur dalam batas tertentu agar tayangan oleh raga terlihat lebih nyata.