Begini Cara Tingkatkan Daya Tahan Baterai di Windows 11

Anda merasakan penurunan performa baterai setelah melakukan update Windows 11? Hal ini ternyata juga dialami oleh sebagian pengguna sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini. Ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat sistem operasi Windows 11 masih tergolong sangat baru dan mulai diluncurkan ke pengguna Oktober 2021 silam.

Ada beberapa penyebab konsumsi daya atau daya tahan baterai Windows 11 tak sebaik Windows 10, salah satunya adalah optimasi yang belum matang. Sebagai sistem operasi baru, biasanya masih terdapat bug dan performanya masih belum benar-benar optimal. Hal ini membuat daya tahan baterai lebih rendah ketimbang Windows yang lebih matang optimasinya.

Penyebab kedua mungkin adanya bug yang membuat performa Windows 11 terasa lebih berat, sehingga membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk mendapatkan performa yang ideal. Sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan agar daya tahan baterai laptop di Windows 11 ini bisa lebih baik lagi.

Windows 11 Harus Selalu Ter-update

Sebagai sistem operasi baru yang masih membutuhkan optimasi dan perbaikan bug, Microsoft terus memberikan update secara reguler di Windows 11. Kehadiran update ini kadang membawa perbaikan bug, menutup celah keamanan, dan juga optimasi performa. Hal ini membuat perangkat kian optimal dan efisien dalam bekerja, sehingga konsumsi daya baterai pun dapat lebih hemat.

Baca Juga :  Ini 4 hal Sepele yang Bikin Baterai Laptop Awet

Lalu bagaimana cara melakukan update di Windows 11? Sebenarnya sistem operasi Windows 11 telah mengaktifkan update secara otomatis. Untuk mengetahui pengaturan update, pengguna dapat mengakses Start Menu > Pengaturan, kemudian pilih Windows Update. Kemudian klik tombol Check Update dan tungu beberapa saat. Jika ada update yang tersedia, lakukan proses download dan update. Kadang setelah proses update, laptop atau PC membutuhkan restart.

Aktifkan Mode Battery Saver

Cara paling instan untuk meningkatkan daya tahan baterai di Windows 11 adalah mengaktifkan mode Battery Saver. Ketika mode ini diaktifkan, beberapa tugas yang jalan di latar belakang seperti sinkronisasi email, cloud, dan servis yang tidak krusial akan dihentikan. Hal ini membuat sistem bekerja lebih ringan dan daya tahan baterai dapat meningkat. Mode ini cocok diaktifkan saat Anda lupa membawa charger saat bekerja di luar rumah atau kantor.

Baca Juga :  Begini Cara Mengetahui kapan Baterai Laptop Harus Diganti

Sebenarnya mode Battery Saver ini akan aktif secara otomatis ketika kapasitas baterai laptop tinggal 20%. Namun, Anda dapat mengaktifkannya secara manual ketika dibutuhkan dengan cara klik ikon baterai di taskbar, kemudian klik lagi ikon baterai di atasnya, dan jendela Settings akan muncul. Klik menu drop down pada bagian Battery Saver, kemudian pilihj Turn On Now untuk mengaktifkannya.

Kurangi Kecerahan Layar

Selain prosesor dan GPU, layar adalah salah satu komponen laptop yang mengonsumsi banyak daya baterai. Turunkan kecerahan layar sampai batas kenyamanan mata Anda untuk bekerja. Hal ini selain membuat mata tidak cepat lelah, juga mengurangi konsumsi baterai secara signifikan.

Langkah berikutnya adalah tidurkan layar saat tidak digunakan dengan cara mempersingkat waktu tunggu layar untuk memasuki mode Sleep. Caranya adalah buka menu Settings dan pilih System, Power & battery, and Screen and sleep. Kemudian persingkat waktu yang dibutuhkan layar untuk memasuki mode Sleep.

Dengan tips sederhana di atas, daya tahan baterai laptop di Windows 11 akan lebih baik dan bisa lebih hemat.