Begini Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Laptop gamimg adalah sebuah laptop yang didesain khusus untuk memainkan game terkini dengan dukungan spesifikasi yang cukup gahar, fitur pendukung gaming yang lengkap, dan solusi pendinginan yang lebih mumpuni. Performa laptop gaming memang lebih kencang dari laptop non gaming, tetapi memang masih belum bisa menyamai PC Desktop gaming. Meski demikian, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa laptop gaming.

Meningkatkan performa sebuah laptop gaming tak selalu membutuhkan keahlian atau pengetahuan khusus. Beberapa tips sederhana yang dilakukan secara teratur dapat membuat performa laptop gaming optimal. Penasaran? Simak tips sederhana berikut ini.

Bersihkan Laptop

Membersihkan laptop adalah salah satu tips paling sederhana yang tidak membutuhkan keahlian khusus, tetapi mampu meningkatkan performa laptop gaming. Setidaknya, laptop gaming dapat mencapai performa puncak yang sama saat laptop tersebut dalam kondisi baru.

Hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan bodi laptop dari debu dan kotoran. Debu yang menumpuk dapat mengganggu fungsi keyboard dan pendinginan. Ketika kipas dan solusi pendinginan dipenuhi debu, ia tidak dapat bekerja maksimal dan membuat pembuiangan panas tidak efektif, hasilnya laptop akan panas dan terjadi penurunan performa.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Gamer

Pembersihan bagian dalam laptop seperti area kipas pendingin dan heatsink mampu membuat performa pendinginan menjadi lebih optimal dan laptop gaming dapat mencapai performa puncak tanpa dibayangi masalah overheat. Akan lebih baik lagi jika dilakukan penggantian thermal paste secara reguler 2 atau 6 bulan sekali.

Upgrade Laptop Gaming

Salah satu cara paling cepat meningkatkan performa laptop gaming adalah melakukan upgrade komponen yang digunakan. Laptop gaming masa kini rata-rata menyediakan opsi atau slot upgrade untuk memori RAM dan storage. Kapasitas RAM yang lebih besar akan memberikan peningkatan performa gaming yang cukup terasa.

Sedangkan upgrade storage ke SSD yang lebih cepat atau kapasitas yang lebih besar akan membuat loading game terasa lebih singkat. Beberapa produsen laptop bahkan memberikan dua buah slot M.2 yang memungkinkan upgrade storage tanpa harus repot install ulang sistem.

Update Driver

Salah satu hal sepele yang sering diabaikan gamer tetapi memiliki dampak signifikan adalah update driver. Driver inilah yang dapat mengoptimalkan performa perangkat keras atau hardware yang digunakan oleh laptop gaming. Update driver GPU kadang mampu memberikan peningkatan performa 5 – 15%! Selain itu, update driver juga membawa perbaikan bug dan masalah, sehingga pengalaman bermain game kian mulus.

Baca Juga :  AMD Radeon 6600XT Diperkenalkan, Jagoan Baru untuk Gaming 1080p

Overclock Prosesor dan GPU

Kegiatan meningkatkan clockspeed prosesor atau GPU di atas kecepatan standar atau overclocking selama ini identik dilakukan oleh orang yang benar-benar paham hardware. Namun seiring perkembangan teknologi, overclock kini bukanlah hal yang rumit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, beberapa produsen laptop gaming memberikan ruang untuk kegiatan overclock melalui perangkat lunak mereka.

Beberapa laptop gaming kelas menengah atau atas biasanya dibekali dengan aplikasi khusus yang dapat meningkatkan clockspeed prosesor dan GPU dalam batas-batas tertentu yang masih bisa ditangani oleh solusi pendinginan bawaan. Software semacam ini sudah dikembangklan oleh produsen laptop seperti Asus dengan Armoury Crate, HP dengan Omen Command Center, MSI dengan MSI Center atau Dell dengan Alienware Command Center.