Apakah SSD Bisa Bad Sector? Ini Jawaban dan Penjelasannya

Bad sector mungkin adalah hal yang menyeramkan bagi pengguna komputer dan laptop yang masih menggunakan media penyimpanan hard disk. Saat ini sebagaian besar PC dan laptop telah beralih ke media penyimpanan SSD (Solid State Drive) yang berbasis flash karena menawarkan performa yang lebih kencang dan konsumsi daya yang efisien. Lalu apakah SSD ini bebas dari masalah bad sector? Ternyata tidak.

SSD ternyata dapat mengalami bad sector, meski tak memiliki komponen bergerak seperti hard disk. Kasus SSD bad sector memang tidak sebanyak hard disk. Penggunaan chip flash sebagai media penyimpanan membuat SSD ini lebih kuat dan tidak mudah bad sector seperti hard disk.

Sama seperti hard disk, bad sector pada SSD bisa membuat data tidak terbaca atau bahkan hilang. Jika SSD tersebut digunakan sebagai drive sistem, maka dapat berpotensi sistem gagal booting. Selain itu, sistem membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca data yang tersimpan pada bagian bad sector dan membuat performanya menurun atau muncul pesan error.

Mengenal Bad Sector Pada SSD

Sebenarnya bad sector pada SSD ini lebih tepat disebut sebagai bad block karena data disimpan dalam blok-blok data yang ada dalam chip flash. Berdasarkan informasi yang penulis himpun, bad sector pada SSD ini disebabkan oleh dua hal: kerusakan fisik dan kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak.

Bad sector pada SSD yang disebabkan oleh kerusakan fisik ini bisa disebabkan oleh chip flash yang sudah mulai aus dan sudah melebihi usia penggunaan berdasarkan satuan TBW (Terrabyte Written). Chip flash yang sudah mulai aus ini kemudian menjadi bad block yang tak lagi dapat digunakan untuk menyimpan data. Kerusakan fisik juga bisa disebabkan oleh cacat dari pabrik yang sebenarnya dapat diketahui sejak awal penggunaan SSD.

Sedangkan bad sector SSD yang disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak atau software, biasanya lebih mudah ditangani. Bad sector jenis ini membuat data tidak bisa terbaca pada lever software saja dan chip flash fisik pada SSD-nya dalam kondisi baik. Anda dapat dengan mudah memperbaiki bad sector jenis ini hanya dengan mengetikkan beberapa baris perintah saja.

Apa yang Dilakukan Pada SSD Bad Sector?

Biasanya bad sector yang terjadi dapat ditangani sendiri oleh SSD secara internal melalui chip kontroler yang di milikinya. Kontroler dalam SSD akan menandai blok-blok yang rusak atau bad block dan nantinya tidak akan digunakan lagi untuk menyimpan data, Konsekuensinya, kapasitas atau daya simpan SSD akan berkurang.

Kesimpulannya, SSD dapat mengalami bad sector yang sama seperti hard disk. Pengguna sebaiknya  rajin melakukan back up data penting ke drive lain atau ke cloud storage untuk mengantisipasi kehilangan data atau data korup.