Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Memutuskan untuk Upgrade RAM Laptop

Pengguna smartphone, PC atau laptop masa kini tentu tak asing lagi dengan komponen RAM atau Random Access Memory. Banyak yang mengatakan bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik pula kinerja sebuah laptop. Pernyataan ini sebenarnya tak sepenuhnya benar dan kembali pada kebutuhan masing-masing pengguna.

Jika membutuhkan kinerja atau processing power yang lebih kencang, maka upgrade ke laptop dengan prosesor lebih kencang akan lebih tepat. Akan tetapi jika kinerja melambat saat menjalankan banyak aplikasi atau menjalankan sebuah aplikasi yang berat, kemungkinan sistem kekurangan RAM. Pada kasus ini, upgrade atau menambah kapasitas RAM akan lebih tepat. Fungsi RAM sendiri seperti sebuah meja kerja yang mana semakin luas, maka akan semakin banyak file pekerjaan yang dapat ditampung.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade RAM pada laptop Anda agar nantinya tidak menyesal atau salah membeli jenisnya.

Sesuaikan Kapasitas RAM dengan Kebutuhan

Kebutuhan kapasitas RAM di laptop setiap orang berbeda dan hal tersebut dipengaruhi dengan pekerjaan apa yang dilakukan di perangkat tersebut. Bagi pelajar atau anak yang hanya berkelut dengan tugas ringan, kapasitas RAM standar 4GB sudah mencukupi. Namun, jika Anda seorang pekerja kantoran yang menjalankan Office dan browsing dengan banyak tab, maka RAM berkapasitas 8GB lebih sesuai.

Berbeda lagi dengan gamer yang selalu bergelut dengan game-game terkini atau content creator yang menjalankan aplikasi video editing yang cukup berat, kapasitas RAM 16GB sudah memadai. Di sini mulai terlihat gambaran apakah Anda perlu melakukan upgrade RAM atau tidak, serta berapa kapasitas RAM yang dibutuhkan sesuai dengan pekerjaan.

Cek Sistem Operasi yang Digunakan

Sebelum memutuskan melakukan upgrade, ada baiknya mengecek sistem operasi yang digunakan. Pada PC atau laptop lawas biasanya masih menggunakan sistem operasi 32 bit yang hanya mendukung penggunaan RAM maksimal 4GB. Sedangkan laptop atau PC generasi baru biasanya sudah menggunakan sistem operasi 64 bit yang mendukung penggunaan RAM lebih dari 4GB.

Jenis RAM yang Digunakan

Setelah Anda memutuskan untuk melakukan upgrade atau penambahan kapasitas RAM, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis RAM yang digunakan oleh laptop Anda. Laptop keluaran lama biasanya masih menggunakan RAM jenis DDR3 atau bahkan DDR2. Sedangkan untuk laptop generasi baru, biasanya sudah menggunakan RAM DDR4.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi kecil seperti CPU-Z untuk mengetahui detail jenis RAM yang digunakan laptop, seperti DDR4-2666MHz atau DDR4-3200MHz. Mengetahui RAM yang sesuai dengan kecepatan yang tepat dapat menghindari masalah incompatible atau ketidakcocokan yang menyebabkan laptop tidak stabil.

Pilih Merk RAM dan Garansi

Ada beberapa merk RAM yang menawarkan garansi hingga 5 tahun atau bahkan lifetime. Pilih saja merk RAM yang memiliki kemudahan klaim garansi agar jika terjadi masalah tidak ribet.

Sedangkan untuk proses upgrade RAM pada laptop yang masih bergaransi, sebaiknya dibawa ke service center resminya agar tidak menghanguskan garansi laptop. Sedangkan untuk laptop yang sudah habis masa garansinya, penggantian laptop dapat dilakukan sendiri jika memiliki pengalaman dan alat yang memadai.