Ini Kelebihan Menggunakan SSD Dibandingkan Hard Disk di Laptop

Saat ini hampir semua laptop modern mulai dari kelas premium hingga entry-level telah menggunakan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive). Meski demikian, masih ada beberapa laptop keluaran terbaru yang masih menggunakan media penyimpanan berupa hard disk. Bagi Anda yang mengutamakan kecepatan, laptop dengan storage SSD adalah pilihan utama.

SSD sendiri adalah media penyimpanan berbasis chip NAND flash yang tersedia dalam berbagai bentuk form factor, seperti SATA 2,5 inci, M.2 SATA, M.2 NVMe, dan sebagainya. Sedangkan hard disk adalah media penyimpanan berbasis perangkat mekanik yang terdiri dari beberapa piringan (platter) yang berputar lengkap dengan head untuk membaca data.

Media penyimpanan SSD memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan hard disk dan membuatnya pantas disebut sebagai media penyimpanan masa depan, pensaran? Berikut beberapa keunggulan SSD dibandingkan dengan hard disk konvensional.

Performa Jauh Lebih Cepat

Keunggulan utama SSD dibandingkan hard disk adalah performanya yang jauh lebih kencang dan transfer rate yang lebih tinggi. SSD jenis SATA 2,5 inci saja saat ini rata-rata mampu menghasilkan kecepatan transfer rate 500MB/s atau sekitar 5 kali lenih cepat dari hard disk yang rata-rata hanya 100MB/s. Bahkan SSD jenis M.2 NVMe terbaru yang menggunakan standar PCIe 4.0 mampu menghasilkan transfer rate hingga 7000MB/s!

Perbedaan performa yang sangat signifikan ini juga sangat terasa pada penggunaan sehari-hari. Laptop dengan storage SSD dapat booting dalam hitungan detik dan memindahkan file berukuran besar dalam waktu yang jauh lebih cepat dari hard disk biasa. Hal lain yang cukup terasa adalah saat menjalankan aplikasi yang bersifat data intensif dan game. Loading akan terasa jauh lebih cepat di laptop dengan storage SSD.

Lebih Dingin dan Konsumsi Daya Efisien

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak, sehingga tidak menimbulkan panas setinggi hard disk saat bekerja intensif. Masalah panas sendiri cukup penting bagi laptop karena solusi pendinginan terbatas, sehingga komponen yangmenimbulkan panas berlebih dapat memicu laptop mengalami overheat.

Konsumsi daya SSD juga lebih efisien karena tidak membutuhkan motor untuk menggerakan piringan seperti hard disk. Jelas, penggunaan SSD membuat daya tahan baterai laptop jadi lebih lama ketimbang hard disk.

Lebih Tenang dan Kuat

Seperti yang sudah penulis singgung di atas, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga dapat bekerja tanpa suara. Sedangkan hard disk dapat menimbulkan bunyi saat bekerja intensif dan kadang dapat mengganggu konsentrasi bekerja.

Keuntungan lain dari penggunaan NAND flash pada SSD adalah lebih tangguh dan tahan banting ketimbang hard disk. Laptop dengan storage SSD lebih aman terhadap guncangan atau getaran. Kelebihan ini membuat SSD lebih stabil dan aman dari data error ketika laptop digunakan dalam kondisi bergerak atau ada getaran seperti di atas kereta api misalnya.