Ini 5 Fitur Windows 11 yang Membuatnya Layak Dinantikan

Windows 11 tak lama lagi akan mendarat di PC dan laptop pengguna. Microsoft telah menjanjikan upgrade gratis bagi pengguna Windows 10 dan mulai tersedia akhir 2021 hingga awal 20212 mendatang. Peluncuran Windows 11 memang sempat menarik perhatian karena hadir dengan standar spesifikasi yang berbeda dari sebelumnya, serta prasyarat prosesor yang agak kontroversial.

Terlepas dari pro dan kontra yang muncul, Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang menjanjikan pengalaman yang lebih baik dari pendahulunya. Setidaknya terdapat 5 fitur baru yang membuat Windows 11 ini layak Anda nantikan, penasaran?

Desain dan Sound Baru

Microsoft telah melakukan desain ulang besar-besaran pada tampilan sistem operasi Windows 11. Tak hanya pada antarmuka secara umum, Microsoft juga mendesain ulang ikon, taskbar, dan warna yang memberikan kesan lebih lembut dan mendukung penggunanya untuk fokus.

Tak hanya itu, Windows 11 kini mengadopsi gaya desain rounded seperti yang saat ini sudah diadopsi di Android dan iOS. Selain melakukan desain ulang tampilan, Windows 11 ini juga membawa tema suara atau sound yang baru dan lebih fresh.

Baca Juga :  Ini Tindakan Rutin Perawatan Laptop yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Nyaman Digunakan

Start Menu Baru

Microsoft pernah bereksperimen menghilangkan Start Menu di Windows 8 dan Windows 8.1, tetapi ternyata gagal. Raksasa perangkat lunak ini kemudian menghadirkan kembali Start Menu dengan desain bari di Windows 10 dan hal tersebut ternyata cukup sukses.

Belajar dari pengalaman, Microsoft tidak melakukan perubahan ekstrem pada Start Menu di Windows 11. Kini Start Menu telah diposisikan ulang ke tengah layar untuk memberikan perspektif baru tentang konten pengguna. Sekarang Start Menu juga dapat memanfaatkan cloud dan Microsoft 365 guna menampilkan file terbaru kepada pengguna dari beberapa perangkat yang ditautkan sehingga mereka dapat bekerja dengan mulus di seluruh perangkat.

Tambahan Aplikasi Baru

Microsoft telah membawa sejumlah aplikasi baru guna menunjang produktivitas di Windows 11, yakni Snap Layouts, Snap Groups dan Desktops. Ketiga aplikasi ini hadir untuk memudahkan pengguna bekerja dengan banyak tugas dengan tampilan desktop yang berbeda-beda secara simultan.

Baca Juga :  Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi

Widget Baru

Windows 11 juga akan memperkenalkan Widget yang sebenarnya dulu pernah muncul di Windows Vista dengan konsep yang berbeda. Widget sendiri adalah aplikasi grafis kecil yang memberikan informasi sekilas terkait topik seperti berita, cuaca, olahraga, pasar saham, dan lainnya. Widget ini akan mudah diakses langsung dari bilah tugas Windows 11 untuk pembacaan cepat dan akan berfungsi seperti menu Berita dan Minat pada Windows 10.

Microsoft Teams

Kini aplikasi Microsoft Teams kini telah terintegrasi langsung di Windows 11 dan akan dapat diakses melalui taskbar. Membuka obrolan Tim Microsoft langsung dari bilah tugas akan memberikan cara yang lebih cepat bagi pengguna Windows untuk terhubung ke jaringan mereka. Pengguna tak perlu repot lagi mengunduh Microsoft Teams secara terpisah seperti saat ini.