Ini Daftar Aplikasi Alternatif Microsoft Office yang Powerful dan Gratis

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Microsoft Office adalah aplikasi office paling powerful dan banyak digunakan saat ini. Microsoft Office ini terdiri dari beberapa aplikasi tergantung edisi yang dibeli dengan aplikasi utama yang familiar seperti Microsoft Word untuk mengolah kata, Excel untuk mengolah angka dan tabel, Powerpoint untuk mengolah presentasi, dan Microsoft Outlook untuk email client.

Saat ini sebagian besar laptop keluaran terbaru di Indonesia telah dipersenjatai dengan sistem operasi Windows 10 atau 11 dengan Microsoft Office Home & Student pre-installed di dalamnya. Namun PC desktop dan laptop generasi lawas tidak dilengkapi dengan Microsoft Office, sehingga harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Harga lisensi Microsoft Office varian terendah masih dinilai agak mahal dan tidak terjangkau bagi beberapa pengguna. Solusinya adalah berlangganan Microsoft Office 365 yang berbasis cloud dengan biaya lebih murah. Atau jika menginginkan office alternatif yang gratis, dapat memilih beberapa aplikasi ini:

LibreOffice

Aplikasi LibreOffice adalah salah satu alternatif Microsoft Office paling powerful saat ini. Aplikasi ini dikembangkan secara open source oleh The Document Foundation (TDF) sejak tahun 2010 silam. Sebelumnya, LibreOffice ini adalah turunan dari aplikasi OpenOffice yang cukup terkenal. LibreOffice ini terdiri dari Writer, Calc, Impress, dan Draw.

Selain gratis, LibreOffice ini menawarkan tampilan antarmuka yang cukup familiar dan tidak membutuhkan waktu lama bagi pengguna Microsoft Office untuk terbiasa menggunakannya. LibreOffice secara default menggunakan format Open Document Format (ODF) dan kompatibel dengan format Microsoft Office seperti .doc atau lebih baru seperti .docx.

Kelebihan lain yang dimilki oleh LibreOffice adalah bersifat lintas platform karena tersedia di pelbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, dan sebagainya. LibreOffice juga menjadi aplikasi office utama bagi sebagian besar distribusi Linux.

FreeOffice

Salah satu aplikasi alternatif Microsoft Office yang gratis dan powerful adalah FreeOffice. Aplikasi FreeOffice ini dikembangkan oleh SoftMaker sejak tahun 1987. Aplikasi FreeOffice terdiri dari tiga perangkat lunak utama, yaknu TextMaker, PlanMaker, dan Presentations.

Kelebihan utama FreeOffice ini selain gratis adalah kompatibel dengan format dokumen Microoft Office, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika harus bekerja dengan dokumen tersebut. Selain itu, FreeOffice hadir dengan dua pilihan tampilan desain antarmuka, yakni Ribbons atau Classic yang dapat dipilih sesuai selera pengguna.

WPS Office

Aplikasi alternatif Microsoft Office lain yang bisa dikatakan gratis dan powerful adalah WPS Office. Aolikasi ini dikembagkan oleh pengembang asal Tiongkok, yakni Kingsoft. Sebelumnya WPS Office dikenal dengan nama Kingsoft Office. Selain menawarkan tampilan antarmuka yang familiar dengan Microsoft Office, WPS Office juga kompatibel dengan file dokumen buatan Microsoft Office.

Salah satu kekurangan WPS Office adalah menampilkan iklan untuk versi gratisnya. Selain itu beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh WPS Office hanya dapat digunakan ketika mendaftar sebagai pengguna premium.