Yolori – Tahun lalu, dunia dihebohkan dengan munculnya ransomware WannacryRansomware adalah sebuah malware yang akan mengunci file pada komputer Anda. Jika Anda ingin membuka enkripsi pada file tersebut, Anda harus membayar sang penyerang.

Meskipun begitu, korban ransomware tidak disarankan membayar uang tebusan karena belum tentu sang penyerang akan membuka kunci enkripsi.

Salah satu cara untuk mencegah ransomware adalah dengan melakukan backup data secara berkala. Dengan begitu, sekalipun file Anda terkunci, Anda masih memiliki data cadangan.

Namun, sebenarnya Anda bisa menggunakan fitur pada Windows Defender untuk mencegah komputer Anda terinfeksi ransomware, seperti yang disebutkan oleh Addictive Tips.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah memastikan Anda udah mengaktifkan Windows Defender. Selain itu, Windows Defender hanya ada pada Windows 10.

Ini cara untuk melindungi komputer menggunakan Windows Defender.

1, Masuk ke Settings
2. Pilih Update & Security
3. Klik tab Windows Defender di seebelah kanan
4. Klik “Open Windows Defender Security Center”

5. Pilih Virus & Threat protection
6. Masuk ke bagian Virus & threat protection Settings
7. Aktifkan “Controlled folder access”

Bagaimana cara kerjanya?
Ketika Controlled folder access berada dalam keadaan aktif, Windows Defender akan melarang aplikasi menyimpan file di folder yang tidak boleh ia akses.

Hal ini mungkin akan membuat Anda khawatir aplikasi yang aman tidak bisa berjalan dengan lancar. Untungnya, controlled folder access dilengkapi dengan fitur whitelist, memungkinkan Anda menambahkan aplikasi yang boleh mengakses folder dalam daftar yang diamankan.

Sumber

 

Related Post

Komparasi Browser Engine

Yolori – Di era internet sekarang ini kehadiran browser engine sudah menjadi kebutuhan yang sulit dipisahkan. Browser engine memudahkan pekerjaan kita yang berhubungan dengan internet. Berikut komparasi beberapa browser engine yang ...

Dell Cinema – Teknologi terbaru dari Dell

Yolori – Dell kembali memperkenalkan teknologi baru yang disematkan di beberapa produk terbarunya, dapatkan pengalaman sinematik di ujung jari Anda dengan CinemaColor, CinemaStream, dan CinemaSound yang luar biasa       ...

Fitur baru Microsoft Office 2019

Yolori – beberapa waktu lalu Microsoft resmi merilis Office 2019, dalam sebuah acara Microsoft Ignite yang bertempat di Orlando, Amerika Serikat. Office 2019 dijadwalkan mulai bisa dibeli pada pertengahan 2018. Kehadiran ...

Aplikasi edit photo gratis dengan fitur oke

Yolori – Suka otak atik foto agar lebih menarik, berikut ini beberapa aplikasi edit foto gratisan namun tetap mempunyai fitur yang menarik GIMP – kependekan dari ( GNU Image Manipulation Program ) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *